Share karaktermu

Wednesday, February 1, 2012

Diary #2: How was it?

Ternyata merangkum cerita cukup menguras tenaga. Ini sudah hari kedua sayah menulis cerita DN dalam bahasa Indonesia. Awalnya pengen copy paste dari blog lain (#hahay..), tapi ternyata gak ketemu di google. Jangankan yang bahasa Indonesia, dari situs resminya aja gak ada.

Ya sudah, sayah putuskan untuk ambil sendiri dari gameplaynya. Disini saya harus serba hati-hati dalam menggunakan tombol PrtSc [PrintScreen]. Karena kalo luput 1 jendela dialog, hilang sudah dialognya. Tapi beruntung beberapa misi ada yang bisa diulangi lagi pake tombol [Esc]. Bisa dibayangin banyaknya gambar di folder screenshot sayah..

Belum berhenti disitu repotnya, karena sayah cuma punya waktu main DN malem hari, jadi kadang sampe teklak-tekluk ngantuk-ngantuk nerjemahinnya. #Owahaaaahm.. kadang malah ngantuknya kebawa sampe pagi..

Tapi itu sisi repotnya, sisi baiknya, sayah sedikit banyak jadi paham alur ceritanya. Maklum.. kalo uda main game, sayah tipe orang yang RUSH. Hunting terus biar cepet naik level, saya garis bawahi biar cepet naik level, saya tekankan biar cepet naik level, ya kalo udah seret/lama ga naik-naik.. #hehehe.. ya cari kerjaan lain. Balik ke topik, sepertinya sayah bukan satu-satunya yang fokus ke leveling.. banyak gamer yang terbiasa untuk SKIP alur cerita. Karena mungkin MMORPG di desain untuk hunting, setahu saya dari awal berkembangnya MMORPG, jarang yang mengandalkan alur cerita, everything is about kick some ass and kill your mate. Kalo ga hunting ya PVP lawan player lain.


Nah, entah mulai dari game apa, alur cerita mulai dikembangkan untuk mendukung pemain supaya betah bermain permainan yang mereka mainkan. Tapi mungkin karena terbiasa dari pendahulunya, banyak yang masih sering skip cerita.

Dulu, sayah sempat main CABAL Online dari Speedsoft dan sedikit memahami ceritanya. Entah kenapa ga punya ketertarikan untuk membaca semua alur cerita. Mungkin karena sistem permainan CABAL yang terlalu terpacu pada kegigihan pemain untuk mengoleksi barang dan membunuh ratusan monster. Sayah masih inget betul, misi mencari 1 item dan baru drop setelah sayah membunuh 100++ monster. Dalam arti, 1 misi bisa membutuhkan lebih dari 30 menit untuk diselesaikan. Belum lagi kalo harus masuk dungeon seperti Epaulet of the Dead, dan sebagainya. Harga key masuk ke dungeon bisa bikin mlarat, harganya mahal tentu dropnya susah. Nah, sayah jadi males nyelesein misinya. Ga kuat bayangin kalo 1 chapter berisi 10 misi harus saya selesaikan dalam 1 bulan. Grafis, keren sih. Sistem permainan juga oke. Soundtracknya, ROCK abieezz. Tapi ya itu tadi diatas yang bikin saya jadi bosen. Masih ada beberapa game yang pernah sayah maenin dan males buat nglanjutin.. sayah bahas di post baru aja ntar..

Intinya disini sayah tertarik untuk merangkum cerita DN. Dari awal sayah sudah excite dengan cinematic yang disajikan. Keren! itu respon awal saya. Mungkin karena udah vakum cleaner lama gak main Game Onlen jadi mulai bangkit lagi rasa excite-nya. Konsep cerita, tipikal sih. We are always the hero, yang lain.. lewaaaaat. Namun ada beberapa scene yang dimana kamu [player] sebagai figuran. Ya.. jadi kesannya kita bukan satu-satunya hero pada game ini. Dan karena sayah punya basic (bukan mahir) dibidang desain, grafis maupun video, sayah tertarik melihat sudut pandang kamera yang ditampilkan ketika cinematic dimainkan. Menjadikan storyline merupakan sesuatu banget yang pantas untuk diperjuangkan.

Untuk itulah sayah merasa bertanggungjawab tertarik untuk merangkum cerita game Dragon Nest. Thank's to Krisno yang sudah merekomendasikan game ini, Dika yang pertama kali memberi komentar pada blog ini dan Guild Foxie yang orangnya pada cerewet. Mengutip dari kalimat yang selalu lewat dilayar atas sayah ketika bermain DN, Keep Dragon Nest safe and healthy. :)

No comments:

Post a Comment

Sudah tahu ceritanya? Kasih komentar ya..